Langsung ke konten utama

SOP Standar Operasional Prosedur PAUD


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENATAAN ALAT MAIN

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
PENATAAN ALAT BERMAIN
2
TUJUAN
Ø  Menumbuhkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari agar bisa menjadi disiplin (2.6)
Ø  Menumbuhkan perilaku yang mencerminkan kemandirian (2.8)
Ø  Mengembangkan perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab (2.12)
Ø  Menumbuhkan minat anak bermain dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan (3.9)
Ø  Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan yang tertuang dalam RPPH
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelas
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
Ø  30 menit sebelum anak datang, pendidik sudah menyiapkan alat main yang akan digunakan.
Ø  Lingkungan belajar yang akan digunakan di dalam ruang (indoor) dan di luar ruang (outdoor) harus bersih, aman, nyaman, dan menyenangkan.
Ø  RPPH yang sudah dibuat harus menjadi acuan untuk penataan alat main
Ø  Penataan alat bermain harus mewakili 3 jenis main yaitu main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan, untuk memberikan pengalaman bermain yang beragam serta harus mendukung perkembangan bahasa, kognitif, sosial- emosional anak
Ø  Peletakan alat main harus tepat sehingga anak bisa memusatkan perhatian pada kegiatan yang dilakukannya
Ø  Pastikan alat main ditata di area yang aman. Jika bermain menggunakan air, pastikan bahwa lantai di area tersebut tidak licin, sehingga tidak mudah terpeleset.
Ø  Alat main yang disediakan harus bisa digunakan dengan berbagai cara sehingga menumbuhkan kreativitas anak.
Ø  Alat main yang disiapkan harus dalam kondisi baik, lengkap jumlahnya, tidak retak/membahayakan.
Ø  Alat dan bahan main serta buku ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
Ø  Disiapkan celemek tidak tembus air untuk digunakan saat anak bermain air
Ø  Saat beres-beres harus disediakan tempat/wadah untuk menyimpan mainan sesuai dengan kategorinya


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Penyambutan Kedatangan Anak
2
TUJUAN
Ø  Membangun kenyamanan anak dengan guru dan lingkungan ( 2.11 )
Ø  Membangun kemampuan berkomunikasi ( 3.11 )
Ø  Membiasakan berkata dan bersikap sopan dan ramah ( 2.14 )

3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Senta / Kelompok
5
DOKUMEN
Buku Hadir, buku hadir anak, jadwal piket, catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
  1. Saat anak memasuki lingkungan sekolah, pendidik mempersiapkan diri menyambut anak. 
  2. Pendidik memposisikan tubuh sejajar dengan ketinggian anak dan mengupayakan kontak mata, mengucap salam, menyapa nama anak, menanyakan kabar anak dengan ramah serta diupayakan menggunakan bahasa/ kebiasaan keluarga masing-masing.
  3. Mengekspresikan  kasih sayang, mis: pelukan, usapan tangan, diberikan bila anak merasa nyaman. Pendidik menghormati pendapat anak bila anak tidak merasa nyaman.
  4. Pendidik mempersilahkan anak untuk menyimpan barang pribadi di tempatnya secara mandiri.
  5. Pendidik melakukan cek kondisi fisik dan kesehatan anak secara sederhana sambil mengajak bercakap-cakap membicarakan hal-hal ringan pagi ini (misalnya: suhu badan, ada tidaknya luka, mata, kuku).
  6. Pendidik membuat catatan dan mengambil tindakan yang diperlukan bila menemukan kondisi fisik dan kesehatan anak yang perlu penanganan.. 


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN MENCUCI TANGAN

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Kegiatan Mencuci Tangan
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk mencuci tangan (2.1)
Ø  Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)

3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok / wali kelas
5
DOKUMEN
Catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
  1. Basahilah kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu





PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
MENYIKAT GIGI AGAR GIGI SEHAT

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Menyikat Gigi Agar Gigi Sehat
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk menyikat gigi (2.1)
Ø  Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)

3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø  Kementrian Kesehatan RI, Buku Kesehatan Peserta Didik. Jakarta
4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok / wali kelas
5
DOKUMEN
Catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
  1. Siapkan sikat gigi dan pasta gigi berfluor
  2. Kumur-kumur
  3. Sikat semua permukaan gigi, maju mundur, pendek-pendek 8 kali gerakan, rahang atas & bawah
  4. Permukaan sikat gigi menghadap langit langit & lidah
  5. Sikat permukaan gigi menghadap pipi dan bibir atas & bawah
  6. Permukaan yang dipakai mengunyah
  7. Kumur 1x saja, fluor masih ada
  8. Bersihkan sikat gigi, simpan posisi tegak kepala di atas




PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PERTOLONGAN PERTAMA PADA KESEHATAN DI SEKOLAH

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Pertolongan Pertama Pada Kesehatan di Sekolah
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk menjaga keamanan diri (2.1)
Ø  Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)
Ø  Mengetahui cara hidup sehat (3.4)
Ø  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat (4.4)
3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok / wali kelas
5
DOKUMEN
Catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
MEMAR: 
Merupakan kondisi akibat adanya trauma/benturan dengan benda keras. Bisa berbentuk benjolan pada bagian yang terantuk, kadang disertai warna kebiruan. Cara mengatasinya:
  • Memberikan kompres dingin pada bagian yang terbentur untuk mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan dan juga untuk mencegah pembengkakan (udema)
  • Perhatikan pada hari berikutnya bengkak berkurang atau tidak. Untuk mengurangi/ menghilangkan pembengkakan dilakukan kompres panas selama 3-5 menit tujuannya untuk melebarkan pembuluh darah setempat, setelah itu diganti dengan dikompres dingin selama 1 – 2 menit. Lakukan sebanyak 4 -5 kali sehari sampai bengkak menghilang. Ketika melakukan kompres panas pastikan suhu panas tidak sampai menimbulkan luka bakar. Kompres panas dilakukan dengan menggunakan kantong air panas atau salep/ krim pemanas kulit.
MIMISAN ATAU PENDARAHAN HIDUNG: 
Diatasi dengan cara:
1.      Anak yang mimisan didudukkan sambil agak menunduk, cuping hidung kiri dan kanan dipencet bersama-sama, bernafas melalui mulut. Tunggu sampai 10 menit.
2.      Bila darah masih keluar, segera rujuk ke rumah sakit.
3.      Menggunakan daun sirih sebagai cara tradisional juga bisa dilakukan karena daun sirih dapat menghentikan pendarahan karena daun sirih mengandung zat yang menyempitkan pemburuh darah.


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN MAKAN

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Kegiatan Makan
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk mencuci tangan ( 2.1 )
Ø  Pengenalan berbagi jenis makanan dan kegunaannya untuk tubuh ( 2.1 )
Ø  Pengenalan Matematika ( berhitung, konsep datu ke satu, bentuk, warna, rasa, dll ) (3.6 )
Ø  Membiasakan bersyukur pada Tuhan ( doa ) ( 1.2 )
Ø  Membiasakan untuk berbagi ( 2.9 )
Ø  Membiaskan untuk tertub ( 2.6 )
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan makanan( 2.1 )
Ø  Membiasakan untuk bersih lingkungan ( 2.1 ) (2.6)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap alat makanan ( 2.12 )

3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok
5
DOKUMEN
Catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
1.     Kegiatan makan dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok didampingi guru
2.     Siapkan alat makan sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia untuk membangun pemahaman matematika dan kepedulian sosial.
3.     Pastikan semua anak sudah mencuci tangannya, sebelum mereka duduk di kursi makan.
4.     Pastikan semua anak sudah duduk di tempatnya, saat guru mengenalkan menu makan dan kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.
5.     Apabila anak membawa makanan dari rumah, ceklah apakah makanan tersebut cukup memenuhi unsur kecukupan gizi.
6.     Pastikan semua anak memiliki bekal, jika ada anak yang tidak membawanya berikan contoh untuk berbagi.
7.     Ajak anak bersyukur bahwa ada makanan yang dapat dimakan. Awali dengan berdoa yang dipimpin oleh anak secara bergantian setiap harinya.
8.     Makan dengan tertib, tidak berceceran, dan tidak menyisakan makanan terbuang.
9.     Kenalkan pada anak sopan santun saat makan.
10. Jika selesai ajak kembali anak berdoa, dan mengucapkan syukur.
11. Ajak anak untuk menyimpan kembali alat makan ke tempat semula. Jika memungkinkan biarkan anak mencucinya.
12. Ajak anak-anak untuk membersihkan kembali tempat yang sudah digunakan agar tidak ada sisa makanan yang tercecer.
13. Bila anak sudah selesai merapikan kembali, ajaklah anak untuk mengikuti kegiatan transisi. 




PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN INTI

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Kegiatan Inti
2
TUJUAN
Ø  Mengembangkan kemampuan mencobakan untuk mencari tahu (2.2)
Ø  Membiasakan untuk berani melakukan tantangan baru (2.5)
Ø  Mengembangkan kemampuan focus (3.13,3.14)
Ø  Membiasakan untuk bekerja tuntas (awal sampai akhir) (2.12)
Ø  Membiasakan untuk melakukan kegiatan secara mandiri dan bekerjasama (2.8, 2.10)
Ø  Membiasakan untuk saling membantu dengan guru dan teman (2.9)
Ø  Membiasakan untuk berbagi alat main (2.9)
Ø  Mengenal berbagai konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat/teknologi). (3.6, 3.7, 3.8, 3.9)
Ø  Mengembangkan keterampilan membuat karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri (4.15)
Ø  Membiasakan untuk berkata santun (menggunakan kata terima kasih, maaf, tolong). (2.14)
Ø  Membiasakan untuk menghargai hasil karya diri dan teman (2.10)
Ø  Mengembangkan keterampilan berkomunikasi (4.11)
Ø  Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab (2.12)
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok
5
DOKUMEN
Catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
1.      Melakukan (pengamatan) dan membuat catatan perkembangan anak.
2.      Memberikan waktu bermain selama (45 menit – 1 jam)
3.      Memberikan pijakan dengan menggunakan kalimat bertanya yang terbuka secara tepat Misal: bagaimana caramu menemukan warna ini?, Bangunan apa yang sedang dibangun nak?
4.      Pijakan yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak
5.      Dorong anak untuk bermain dalam kelompok kecil selain bermain secara mandiri.
6.      Anak diberi kesempatan untuk membuat karya dengan idenya sendiri
7.      Anak diberi kesempatan untuk mencoba alat dan bahan main dengan caranya sendiri
8.      Anak didukung untuk bekerja sampai tuntas
9.      Anak didukung untuk saling berbagi alat main
10.  Anak didukung untuk mau membantu guru dan temannya.
11.  Anak didukung menemukan konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat/teknologi) melalui alat dan bahan yang dimainkannya.
12.  Membangun kepercayaan diri anak dengan memberikan kesempatan untuk mengemukakan gagasannya melalui alat dan bahan main yang digunakannya.
13.  Mengingatkan pada anak sisa waktu bermain.
14.  Mengajak anak untuk membereskan alat sesuai tempat dan jenisnya.




PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENATAAN LINGKUNGAN BERMAIN

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Pentaan Lingkungan Bermain
2
TUJUAN
Ø  Menumbuhkan minat anak bermain dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan
Ø  Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan yang tertuang dan RPPH
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
1.     Pendidik menyiapkan alat main yang akan digunakan anak maksimal 30 menit sebelum anak datang.
2.     Pastikan bahwa lingkungan belajar di dalam (indoor) dan di luar (outdoor) bersih, aman, nyaman, dan menyenangkan.
3.     Penataan alat main harus berdasarkan RPPH yang sudah dibuat.
4.     Alat bermain yang ditata harus mewakili 3 jenis main yaitu main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan, untuk memberikan pengalaman bermain yang beragam.
5.     Alat main  ditata di area yang aman. Jika bermain yang menggunakan air, pastikan bahwa lantai tidak licin, sehingga tidak menjadikan mudah terpeleset.
6.     Penataan alat main mendukung perkembangan bahasa, kognitif, sosial-emosional anak.
7.     Alat main yang ditata dapat digunakan dengan berbagai cara sehingga menumbuhkan kreativitas anak.
8.     Alat main yang disiapkan dipastikan dalam kondisi baik, lengkap setnya, tidak retak. 
9.     Alat dan bahan main serta buku ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
10. Disiapkan tempat untuk membereskan mainan sesuai dengan kategorinya. . 

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN PENUTUP

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Kegiatan Penutup
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan (Nam 3.2,4.2)
Ø  Mengembangkan kemampuan berbahasa (kosa kata baru, mengungkapkan bahasa) (Bhs 3.11,4.11)
Ø  Mengembangkan sikap percaya diri ( Sosem 2.5)
Ø  Mengembangkan sikap menghargai orang lain yang berbicara(Nam 2.1)
Ø  mencobakan untuk mencari tahu (Kog2.2)
Ø  Membiasakan anak disiplin mengikuti aturan ( Sosem 2.6)
Ø  Membiasakan berani melakukan tantangan baru  (Kog 3/5.4/5)
Ø    Membiasakan untuk berkata santun  (menggunakan kata ) ( Bhs 2.14)
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru kelompok
5
DOKUMEN
Catatn Perkembangan Anka
6
PROSEDUR KERJA
1.      Anak duduk dalam bentuk lingkaran.
2.      Anak berdoa sebelum melakukan kegiatan.
3.      Bertanya kepada anak tentang hal-hal yang dilakukan hari ini.
4.      Menanyakan perasaan anak hari in iuntuk mengenal perasaananak.
5.      Mengenalkan tema dan konsep besok pagi..
6.      Guru menyanyikan lagu untuk penenamgan
7.      Berdoa
8.      Berbaris,pulang.




PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
BERMAIN MOROTIK KASAR

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Bermain Morotik Kasar
2
TUJUAN
Ø  Melatih otot-otot kasar; (kekuatan, kelenturan, keseimbangan, kelincahan)
Ø  Mengembangkan sensorik motorik (koordinasi tangan, mata, kaki)
Ø  Membiasakan untuk bekerjasama
Ø  Mengembangkan sikap sosial- emosional
Ø  Mengembangkansikap berani melakukan hal baru dan mau mengambil resiko
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru kelompok
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
  1. Pendidik menawarkan kegiatan yang beragam dan menarik , sesuai tahapan perkembangan anak.
  2. Pendidik mempersilahkan anak memilih kegiatan yang disukai. 
  3. Pendidik mengajak anak yang baru datang untuk bermain bersama teman.
  4. Pendidik mengawasi, mengamati, memotivasi dan memberikan bantuan kepada anak yang membutuhkan.
  5. Pendidik mengajak anak minum air putih sebelum pindah ke kegiatan berikutnya.












PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
TOILET TRAINING / MELATIH ANAK KE KAMAR MANDI

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Toilet Training / Melatih Anak Ke Kamar Mandi
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk menjaga kebersihan diri sendiri
Ø  Membiasakan berperilaku hidup bersih sehat
Ø  Membiasakan untuk menentukan keinginan sendiri (memahami keinginan diri sendiri)

3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru kelompok
5
DOKUMEN
Catatn Perkembangan Anka
6
PROSEDUR KERJA
1.      Pendidik mempersilahkan anak untuk ke toilet/WC/kloset pada waktu-waktu tertentu, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan individual anak.
2.      Pendidik melatih anak untuk melepas dan mengenakan celana secara mandiri/sesuai tahap perkembangan.
3.      Pendidik melatih anak untuk menyiram toilet/WC/kloset. 
4.      Pendidik mengawasi dan memberikan bantuan jika dibutuhkan.
5.      Pendidik memastikan anak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir setelah BAK dan BAB.
6.      Pendidik memastikan anak untuk mengeringkan tangannya setelah cuci tangan.
7.      Pendidik mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum keluar dari kamar mandi sesuai kebutuhan.




PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Pengelolaan Kegiatan Belajar
2
TUJUAN
Ø  Menumbuhkan minat anak bermain dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan
Ø  Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sesuai dengan yang tertuang dalam RPPH
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru kelompok
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
  1. Pendidik menyiapkan lingkungan bermain yang aman, nyaman dan tersedia APE yang mendukung.
  2. Pendidik mengawali kegiatan dengan membacakan buku.
  3. Pendidik mengajak anak berdiskusi tentang tema hari ini.
  4. Pendidik  membacakan buku atau bercerita dengan menggunakan APE sesuai kebutuhan.
  5. Pendidik mendorong anak untuk aktif mendiskusikan tema yang sedang dibahas.
  6. Pendidik menginformasikan kegiatan main hari ini, dan menyampaikan gagasan main.
  7. Mendiskusikan aturan main.
  8. Pendidik memberikan kesempatan pada anak untuk memilih teman main.
  9. Anak melakukan kegiatan bermain sesuai minat.
  10. Pendidik melakukan observasi (pengamatan) dan membuat    dokumentasi atau catatan tentang perkembangan anak. 
  11. Pendidik mengingatkan pada anak sisa waktu bermain.
  12. Pendidik mengajak anak untuk membereskan alat
  13. Pendidik mengajak anak untuk duduk melingkar dan menanyakan kembali, pengalaman bermain anak. 
  14. Anak didorong untuk memberikan unjuk kerja, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita menggunakan hasil karyanya atau recalling (menceritakan kembali pengalaman bermainnya).



PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KB BINA SISWA
KEC. BATUR KAB. BANJARNEGARA
Alamat : Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN MEMBACA BUKU UNTUK ANAK

NAMA LEMBAGA
KB BINA SISWA
KODE DOK.

UNIT PROGAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
-

1
JUDUL
Kegiatan Membaca Buku Untuk Anak
2
TUJUAN
Ø  Mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencobakan untuk mencari tahu
Ø  Mengembangkan sikap, penegtahuan, dan ketrampilan sesuai dengan yang tertuang dalam RPPH
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK – PIHAK TERKAIT
Guru kelompok
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
  1. Pendidik menerapkan waktu-waktu rutin untuk membaca, misalnya: pagi hari saat lingkaran, sebelum tidur, setelah mandi sore atau pada saat-saat transisi/pergantian kegiatan. 
  2. Pendidik menyediakan/memilih buku dengan ilustrasi yang menarik.
  3. Pendidik membacakan buku dengan cara-cara yang ekspresif, kreatif dan interaktif dengan anak (membuat anak berpartisipasi).
  4. Pendidik membacakan buku dengan intonasi dan ucapan yang jelas.
  5. Pendidik menunjukkan cara memperlakukan buku yang benar (misalnya: membuka halaman dengan hati-hati, tidak melipat halaman, mengembalikan ke tempatnya)












Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGELOLA BOP RA

PIMPINAN CABANG AISYIYAH BATUR MAJELIS   PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH BA ‘AISYIYAH 2 PASURENAN Desa Pasurenan Kec. Batur Kab. Banjarnegara KEPUTUSAN KEPALA BA ‘AISYIYAH 2 PASURENAN KECAMATAN BATUR Nomor : 1 0 /BA 3 / BTR /I/2019 TENTANG PEMBENTUKAN TIM MANAJEMEN BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) BA ‘AISYIYAH 2 PASURENAN TAHUN 2019 Menimbang      : a. bahwa dalam rangka pemerataan akses dan peningkatan mutu pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Agama serta mengurangi angka putus sekolah, siswa dari keluarga kurang mampu akan dibantu melalui program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP);                             b.   bahwa untuk melaksanakan Program Bantuan Opersional Sekolah, perlu dibentuk Tim Manajemen Bantuan Operasional...

Laporan Perjalanan “Full Day Tour Jatim Park 1 "

LAPORAN PERJALANAN “Full Day Tour Jatim Park 1 1 ”   DISUSUN OLEH : NAMA                      :     AFI LUKMANUL HAKIM NO. ABSEN             :     01 KELAS                    :     VIII (DELAPAN) Pemerintah Kabupaten Batang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMP N 4 BLADO SATU ATAP Alamat : Jl. Raya Bandar – Batur Km. 20 Desa Gerlang, Kec. Blado Kab. Batang FULL DAY TOUR “JATIM PARK 1” Lembar Pengesahan Laporan yang berjudul “FULL DAY TOUR JATIM PARK 1” Karya Afi Lukmanul Hakim telah diteliti dan disahkan oleh Pembimbing serta Kepala SMP N 4 Blado Satu Atap      ...

Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Koperasi

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS KOPERASI SIMPAN PINJAM SINAR HIKMAH   KAUMAN BATUR KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA 2019   KATA PENGANTAR   Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat serta Hidayahnya sehingga kami pengurns dan pengawas Koperasi Sinar Hikmah Kauman Batur dapat menyusun buku laporan tahunan yang akan menjadi bahan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku lahun 2019. Dengan buku laporan ini kami mengharap kepada anggota akan mengetahui hasil kinerja pengurus dan pengawas Koperasi Sinar Hikmah Kauman Batur selama tahun 2019. Untuk memperlancar pembahasan rapat anggota tatup buku tahun 2019 kami menghimbau kepada anggoia Koperasi Sinar Hikmah untuk mempersiapkan usulan, saran serta pendapat yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat. Demikian semo g a dengan...