
KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENATAAN ALAT MAIN
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
PENATAAN ALAT BERMAIN
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Menumbuhkan sikap taat terhadap
aturan sehari-hari agar bisa menjadi disiplin (2.6)
Ø Menumbuhkan perilaku yang
mencerminkan kemandirian (2.8)
Ø Mengembangkan perilaku yang
mencerminkan sikap tanggung jawab (2.12)
Ø Menumbuhkan minat anak bermain dan
mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan (3.9)
Ø Mengembangkan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan sesuai dengan yang tertuang dalam RPPH
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelas
|
5
|
DOKUMEN
|
RPPH
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
Ø 30 menit sebelum anak datang,
pendidik sudah menyiapkan alat main yang akan digunakan.
Ø Lingkungan belajar yang akan
digunakan di dalam ruang (indoor) dan di luar ruang (outdoor) harus bersih,
aman, nyaman, dan menyenangkan.
Ø RPPH yang sudah dibuat harus
menjadi acuan untuk penataan alat main
Ø Penataan alat bermain harus
mewakili 3 jenis main yaitu main sensorimotor, main peran, dan main
pembangunan, untuk memberikan pengalaman bermain yang beragam serta harus
mendukung perkembangan bahasa, kognitif, sosial- emosional anak
Ø Peletakan alat main harus tepat
sehingga anak bisa memusatkan perhatian pada kegiatan yang dilakukannya
Ø Pastikan alat main ditata di area
yang aman. Jika bermain menggunakan air, pastikan bahwa lantai di area
tersebut tidak licin, sehingga tidak mudah terpeleset.
Ø Alat main yang disediakan harus
bisa digunakan dengan berbagai cara sehingga menumbuhkan kreativitas anak.
Ø Alat main yang disiapkan harus
dalam kondisi baik, lengkap jumlahnya, tidak retak/membahayakan.
Ø Alat dan bahan main serta buku
ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
Ø Disiapkan celemek tidak tembus air
untuk digunakan saat anak bermain air
Ø Saat beres-beres harus disediakan
tempat/wadah untuk menyimpan mainan sesuai dengan kategorinya
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Penyambutan Kedatangan Anak
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Membangun
kenyamanan anak dengan guru dan lingkungan ( 2.11 )
Ø Membangun
kemampuan berkomunikasi ( 3.11 )
Ø Membiasakan
berkata dan bersikap sopan dan ramah ( 2.14 )
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Senta / Kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
Buku Hadir, buku hadir anak, jadwal piket, catatan perkembangan anak
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN MENCUCI TANGAN
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Kegiatan Mencuci Tangan
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan untuk mencuci tangan
(2.1)
Ø Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø Membiasakan untuk bertanggung
jawab dengan kebersihan diri (2.1)
Ø Membiasakan untuk bertanggung
jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok / wali kelas
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatan perkembangan anak
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
MENYIKAT GIGI AGAR GIGI SEHAT
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Menyikat Gigi Agar Gigi Sehat
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan untuk menyikat gigi
(2.1)
Ø Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø Membiasakan untuk bertanggung
jawab dengan kebersihan diri (2.1)
Ø Membiasakan untuk bertanggung
jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø
Kementrian Kesehatan RI, Buku Kesehatan Peserta Didik. Jakarta
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok / wali kelas
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatan perkembangan anak
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PERTOLONGAN PERTAMA PADA KESEHATAN DI SEKOLAH
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Pertolongan Pertama Pada Kesehatan di Sekolah
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan untuk menjaga keamanan
diri (2.1)
Ø Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø Membiasakan untuk bertanggung
jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)
Ø Mengetahui cara hidup sehat (3.4)
Ø Mampu menolong diri sendiri untuk
hidup sehat (4.4)
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok / wali kelas
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatan perkembangan anak
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
MEMAR:
Merupakan kondisi akibat adanya
trauma/benturan dengan benda keras. Bisa berbentuk benjolan pada bagian yang
terantuk, kadang disertai warna kebiruan. Cara mengatasinya:
MIMISAN ATAU PENDARAHAN
HIDUNG:
Diatasi dengan cara:
1. Anak yang mimisan didudukkan sambil agak
menunduk, cuping hidung kiri dan kanan dipencet bersama-sama, bernafas
melalui mulut. Tunggu sampai 10 menit.
2. Bila darah masih keluar, segera rujuk ke rumah
sakit.
3. Menggunakan daun sirih sebagai cara tradisional
juga bisa dilakukan karena daun sirih dapat menghentikan pendarahan karena
daun sirih mengandung zat yang menyempitkan pemburuh darah.
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN MAKAN
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Kegiatan Makan
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan
untuk mencuci tangan ( 2.1 )
Ø Pengenalan
berbagi jenis makanan dan kegunaannya untuk tubuh ( 2.1 )
Ø Pengenalan
Matematika ( berhitung, konsep datu ke satu, bentuk, warna, rasa, dll ) (3.6
)
Ø Membiasakan
bersyukur pada Tuhan ( doa ) ( 1.2 )
Ø Membiasakan
untuk berbagi ( 2.9 )
Ø Membiaskan
untuk tertub ( 2.6 )
Ø Membiasakan
untuk bertanggung jawab dengan makanan( 2.1 )
Ø Membiasakan
untuk bersih lingkungan ( 2.1 ) (2.6)
Ø Membiasakan
untuk bertanggung jawab terhadap alat makanan ( 2.12 )
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatan perkembangan anak
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1. Kegiatan makan dilakukan secara berkelompok. Setiap
kelompok didampingi guru
2.
Siapkan alat
makan sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia untuk membangun pemahaman
matematika dan kepedulian sosial.
3.
Pastikan
semua anak sudah mencuci tangannya, sebelum mereka duduk di kursi makan.
4.
Pastikan
semua anak sudah duduk di tempatnya, saat guru mengenalkan menu makan dan
kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.
5.
Apabila anak
membawa makanan dari rumah, ceklah apakah makanan tersebut cukup memenuhi
unsur kecukupan gizi.
6.
Pastikan
semua anak memiliki bekal, jika ada anak yang tidak membawanya berikan contoh
untuk berbagi.
7.
Ajak anak
bersyukur bahwa ada makanan yang dapat dimakan. Awali dengan berdoa yang
dipimpin oleh anak secara bergantian setiap harinya.
8.
Makan dengan
tertib, tidak berceceran, dan tidak menyisakan makanan terbuang.
9.
Kenalkan pada
anak sopan santun saat makan.
10. Jika selesai ajak kembali anak berdoa, dan
mengucapkan syukur.
11. Ajak anak untuk menyimpan kembali alat makan ke
tempat semula. Jika memungkinkan biarkan anak mencucinya.
12. Ajak anak-anak untuk membersihkan kembali tempat
yang sudah digunakan agar tidak ada sisa makanan yang tercecer.
13. Bila anak sudah selesai merapikan kembali,
ajaklah anak untuk mengikuti kegiatan transisi.
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN INTI
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Kegiatan Inti
|
2
|
TUJUAN
|
Ø
Mengembangkan kemampuan mencobakan
untuk mencari tahu (2.2)
Ø
Membiasakan untuk berani melakukan
tantangan baru (2.5)
Ø
Mengembangkan kemampuan focus
(3.13,3.14)
Ø
Membiasakan untuk bekerja tuntas
(awal sampai akhir) (2.12)
Ø
Membiasakan untuk melakukan
kegiatan secara mandiri dan bekerjasama (2.8, 2.10)
Ø
Membiasakan untuk saling membantu
dengan guru dan teman (2.9)
Ø
Membiasakan untuk berbagi alat
main (2.9)
Ø
Mengenal berbagai konsep
pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat/teknologi). (3.6,
3.7, 3.8, 3.9)
Ø
Mengembangkan keterampilan membuat
karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri (4.15)
Ø
Membiasakan untuk berkata santun
(menggunakan kata terima kasih, maaf, tolong). (2.14)
Ø
Membiasakan untuk menghargai hasil
karya diri dan teman (2.10)
Ø
Mengembangkan keterampilan
berkomunikasi (4.11)
Ø
Mengembangkan sikap percaya diri
(2.5)
Ø
Membiasakan untuk bertanggung
jawab (2.12)
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatan perkembangan anak
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1. Melakukan
(pengamatan) dan membuat catatan perkembangan anak.
2. Memberikan
waktu bermain selama (45 menit – 1 jam)
3. Memberikan
pijakan dengan menggunakan kalimat bertanya yang terbuka secara tepat Misal:
bagaimana caramu menemukan warna ini?, Bangunan apa yang sedang dibangun nak?
4. Pijakan
yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak
5. Dorong
anak untuk bermain dalam kelompok kecil selain bermain secara mandiri.
6. Anak
diberi kesempatan untuk membuat karya dengan idenya sendiri
7. Anak
diberi kesempatan untuk mencoba alat dan bahan main dengan caranya sendiri
8. Anak
didukung untuk bekerja sampai tuntas
9. Anak
didukung untuk saling berbagi alat main
10. Anak
didukung untuk mau membantu guru dan temannya.
11. Anak
didukung menemukan konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains,
bahasa, alat/teknologi) melalui alat dan bahan yang dimainkannya.
12. Membangun
kepercayaan diri anak dengan memberikan kesempatan untuk mengemukakan gagasannya
melalui alat dan bahan main yang digunakannya.
13. Mengingatkan
pada anak sisa waktu bermain.
14. Mengajak
anak untuk membereskan alat sesuai tempat dan jenisnya.
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENATAAN LINGKUNGAN BERMAIN
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Pentaan Lingkungan Bermain
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Menumbuhkan minat anak bermain dan
mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan
Ø Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan sesuai dengan yang tertuang dan RPPH
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
RPPH
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1.
Pendidik menyiapkan alat
main yang akan digunakan anak maksimal 30 menit sebelum anak datang.
2. Pastikan
bahwa lingkungan belajar di dalam (indoor) dan di luar (outdoor) bersih,
aman, nyaman, dan menyenangkan.
4. Alat
bermain yang ditata harus mewakili 3 jenis main yaitu main sensorimotor, main
peran, dan main pembangunan, untuk memberikan pengalaman bermain yang
beragam.
5. Alat
main ditata di area yang aman. Jika bermain yang menggunakan air,
pastikan bahwa lantai tidak licin, sehingga tidak menjadikan mudah
terpeleset.
6. Penataan
alat main mendukung perkembangan bahasa, kognitif, sosial-emosional anak.
7. Alat
main yang ditata dapat digunakan dengan berbagai cara sehingga menumbuhkan
kreativitas anak.
8. Alat
main yang disiapkan dipastikan dalam kondisi baik, lengkap setnya, tidak
retak.
9. Alat
dan bahan main serta buku ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
10. Disiapkan
tempat untuk membereskan mainan sesuai dengan kategorinya. .
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN PENUTUP
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Kegiatan Penutup
|
2
|
TUJUAN
|
Ø
Membiasakan untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan
(Nam 3.2,4.2)
Ø
Mengembangkan kemampuan berbahasa
(kosa kata baru, mengungkapkan bahasa) (Bhs 3.11,4.11)
Ø
Mengembangkan sikap percaya diri
( Sosem 2.5)
Ø
Mengembangkan sikap menghargai
orang lain yang berbicara(Nam 2.1)
Ø
mencobakan untuk mencari tahu
(Kog2.2)
Ø
Membiasakan anak disiplin mengikuti aturan (
Sosem 2.6)
Ø
Membiasakan berani melakukan tantangan baru
(Kog 3/5.4/5)
Ø
Membiasakan untuk berkata santun (menggunakan
kata ) ( Bhs
2.14)
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatn Perkembangan Anka
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1. Anak duduk dalam bentuk lingkaran.
2. Anak berdoa sebelum melakukan kegiatan.
3. Bertanya kepada anak tentang hal-hal
yang dilakukan hari ini.
4. Menanyakan perasaan anak hari in iuntuk mengenal perasaananak.
5. Mengenalkan tema dan konsep besok pagi..
6. Guru
menyanyikan lagu untuk penenamgan
7. Berdoa
8. Berbaris,pulang.
|


KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
BERMAIN MOROTIK KASAR
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Bermain Morotik Kasar
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Melatih otot-otot kasar; (kekuatan, kelenturan,
keseimbangan, kelincahan)
Ø Mengembangkan sensorik motorik (koordinasi tangan, mata,
kaki)
Ø Membiasakan untuk bekerjasama
Ø Mengembangkan sikap sosial- emosional
Ø
Mengembangkansikap
berani melakukan hal baru dan mau mengambil resiko
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
RPPH
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
TOILET TRAINING / MELATIH ANAK KE KAMAR MANDI
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Toilet Training / Melatih Anak Ke Kamar Mandi
|
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan untuk menjaga kebersihan diri sendiri
Ø Membiasakan berperilaku hidup bersih sehat
Ø
Membiasakan
untuk menentukan keinginan sendiri (memahami keinginan diri sendiri)
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
Catatn Perkembangan Anka
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1. Pendidik mempersilahkan anak untuk ke toilet/WC/kloset pada
waktu-waktu tertentu, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan individual
anak.
2. Pendidik melatih anak untuk melepas dan mengenakan celana
secara mandiri/sesuai tahap perkembangan.
3. Pendidik melatih anak untuk menyiram
toilet/WC/kloset.
4. Pendidik mengawasi dan memberikan bantuan jika dibutuhkan.
5. Pendidik memastikan anak mencuci tangan dengan sabun dan
air bersih yang mengalir setelah BAK dan BAB.
6. Pendidik memastikan anak untuk mengeringkan tangannya
setelah cuci tangan.
7. Pendidik mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang
mengalir sebelum keluar dari kamar mandi sesuai kebutuhan.
|


KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Pengelolaan Kegiatan Belajar
|
2
|
TUJUAN
|
Ø
Menumbuhkan minat anak bermain
dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan
Ø
Mengembangkan sikap,
pengetahuan, dan ketrampilan sesuai dengan yang tertuang dalam RPPH
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
RPPH
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|

KB
BINA
SISWA
KEC. BATUR KAB.
BANJARNEGARA
Alamat
: Bitingan,
Kepakisan,
Batur, Banjarnegara Kode Pos 53456
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP ) PAUD
KEGIATAN MEMBACA BUKU UNTUK ANAK
NAMA LEMBAGA
|
KB BINA SISWA
|
KODE DOK.
|
|
UNIT PROGAM
|
KELOMPOK BERMAIN
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL. DISAHKAN
|
|
TGL.REVISI
|
-
|
|
1
|
JUDUL
|
Kegiatan Membaca Buku Untuk Anak
|
2
|
TUJUAN
|
Ø
Mengembangkan kemampuan
mengamati, menanya, mencobakan untuk mencari tahu
Ø
Mengembangkan sikap,
penegtahuan, dan ketrampilan sesuai dengan yang tertuang dalam RPPH
|
3
|
REFERENSI
|
Ø
Permendikbud no. 146 tahun 2014
Ø
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
|
4
|
PIHAK – PIHAK TERKAIT
|
Guru kelompok
|
5
|
DOKUMEN
|
RPPH
|
6
|
PROSEDUR KERJA
|
|
Komentar
Posting Komentar