Langsung ke konten utama

RUMAH DARI STICK EKRIM SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF


MAKALAH

RUMAH DARI STICK EKRIM
SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF

ANAK USIA DINI

Disusun dalam Rangka Memenuhi Persyaratan Pemilihan Guru Berprestasi
Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017
 











Disusun Oleh :
Nama                       :    Uswatun Aliyah, S.Pd.I
NUPTK                   :    2451763663300003
Unit Kerja               :    BA ‘Aisyiyah 2 Batur


KEMENTERIAN AGAMA
KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BATUR
Jl. Kopral Ma’dun No. 5A Telp. (0286) 5986201
KABUPATEN BANJARNEGARA
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Segala puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga terselesaikannya makalah ini. Tidak lupa sholawat dan salam kami sampaikan kepada nabi besar kita Muhammad SAW beserta kaum kerabat, dan pengikutnya yang setia sampai akhir zaman. Amiin
Tidak lupa penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah karya inovatif  ini, diantaranya:
1.      Pengawas RA/MI Kecamatan Batur
2.      Kepala BA ‘Aisyiyah 2 Batur
3.      Semua Guru BA ‘Aisyiyah 2 Batur
4.      Ikatan Guru Raudlatul Athfal Kecamatan Batur
5.      Serta semua pihak yang terlibat dalam membantu penulis menyelesaikan makalah karya inovatif  ini.
Penulis menyadari bahwa makalah karya inovatif ini masih jauh dari sempurna, maka kritik dan saran demi baiknya makalah ini sangat penulis harapkan. Semoga makalah karya inovatif ini dapat memberikan manfaat sekaligus meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Raudhatul Athfal (RA).

                                                                                     Penyusun









HALAMAN PENGESAHAN

1.      Judul Makalah                                    :    Rumah Dari Stick Ekrim Sebagai
                                                                Alat Permainan Edukatif Anak
                                                                Usia Dini
2.      Identitas Penyusun                           
a.       Nama                                           :    Uswatun Aliyah, S.Pd.I
b.      NUPTK                                       :    2451763663300003
c.       Jenis Kelamin                              :    Perempuan
d.      Jabatan                                        :    Guru Kelas
e.       Unit Kerja                                   :    BA ‘Aisyiyah 2 Batur
                                                         Kecamatan Batur
                                                         Kabupaten Banjarnegara


          Mengetahui                                                    Batur, 30 Mei 2017
          Kepala BA ‘Aisyiyah 2 Batur                       Penyusun
 
 
 
 
          Uswatun Aliyah, S.Pd.I                               Uswatun Aliyah, S.Pd.I
          
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
SURAT PERNYATAAN 
KARYA ASLI BUKAN PLAGIAT
 
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                               :   Uswatun Aliyah, S.Pd.I
NUPTK                                           :   2451763663300003
Tempat Tanggal Lahir                      :   Banjarnegara, 19 November 1985
Jabatan                                             :   Guru kelas
Unit Kerja                                        :   BA ‘Aisyiyah 2 Batur
                                                            Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara
 
Dengan ini menyatakan bahwa penyusunan makalah dengan judul “Rumah Dari Stick Ekrim Sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini
Merupakan hasil karya tulis saya sendiri dan bukan jiplakan atau modifikasi karya orang lain.
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
 
          Mengetahui                                                    Batur, 30 Mei 2017
          Kepala BA ‘Aisyiyah 2 Batur                       Penyusun
 
 
 
 
          Uswatun Aliyah, S.Pd.I                                           Uswatun Aliyah, S.Pd.I
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ...............................................................................        i
LEMBAR PENGESAHAN ....................................................................      iii
LEMBAR PERNYATAAN .....................................................................       ii
KATA PENGANTAR      .........................................................................       v
DAFTAR ISI ............................................................................................       vi
A.    Latar Belakang ..................................................................................        1
B.     Tujuan    ..............................................................................................       3      
C.     Tema      ..............................................................................................       3
D.    Manfaat   ............................................................................................        3
E.     Sasaran   ..............................................................................................       4
F.      Bidang Pengembangan    ....................................................................        4
G.    Bahan dan Alat     ...............................................................................        5
H.    Rincian Biaya Alat dan Bahan    ........................................................        5
I.       Cara Pembuatan     ..............................................................................        6
J.       Penutup    ............................................................................................       6
K.    Daftar Pustaka    .................................................................................        7
Lampiran











RUMAH DARI STICK EKRIM
SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF
ANAK USIA DINI

A.    Latar Belakang
Dunia Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak.Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di PAUD adalah alat pendidikan edukatif yang lebih dikenal dengan APE.  Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak  atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara PAUD dan juga para guru PAUD masih banyak yang  membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu saja akan menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru PAUD dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak.
Kehidupan anak selalu dekat dengan dunia bermain sejak bangun tidur sampai tidur kembali anak hanya ingin bermain, karena melalui bermain anak akan belajar mengenai kehidupan dan mendapatkan pengalaman yang membawa kesan menyenangkan bagi anak.
Menurut B.E.F. Montolalu, dkk melalui bermain anak memperoleh kesempatan pengalaman yang makin memperjelas hal-hal yang mereka pelajari di kelas atau di rumah. Bermain juga menumbuhkan rasa ingin menyelidiki yang akan memperkaya pengertiannya.
Melalui aktivitas bermain, berbagai fantasinya, tujuannya dan pekerjaannya terwujud. Dan tentu saja, sebagai guru, tujuan pembelajaran pun tercapai. Saat anak bermain, semua indera anak bekerja aktif. Semua informasi ditangkap oleh indera anak, disampaikan ke otak sebagai rangsangan, sehingga sel-sel otak aktif dan berkembang. Karena itu kegiatan bermain anak perlu difasilitasi oleh pendidik di sekolah untuk mendukung agar anak menjadi aktif dan kreatif. pembelajaran pada anak usia dini adalah pondasi pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak ,oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Persyaratan Alat Permainan Edukatif (APE) adalah :
1.      Mengandung nilai pendidikan
2.      Aman atau tidak berbahaya bagi anak
3.      Menarik dilihat dari warna dan bentuknya
4.      Sesuai dengan minat dan taraf perkembangan anak
5.      Sederhana, murah, dan mudah diperoleh.
6.      Awet tidak mudah rusak dan mudah pemeliharaannya
7.      Ukuran dan bentuknya sesuai dengan usia anak
8.      Berfungsi mengembangkan kreatifitas dan kecerdasan anak

Fungsi bermain bagi tumbuh kembang anak adalah :
a.       Mempertahankan keseimbangan fisik, intelegensia, sosial-emosional, bahasa dan komunikasi.
b.      Menghayati berbagai pengalaman yang diperoleh melalui kehidupan sehari-hari.
c.       Mengantisipasi peran yang akan dijalankan anak dimasa yang akan datang.
d.      Menyempurnakan berbagai kemampuan melalui berbagai ketrampilan fisik, intelegensia, sosial-emosional, bahasa dan komunikasi secara holistik, dan
e.       Pembentukan perilaku positif dalam hal pembiasaan.

Dahulu banyak stik es krim yang terbuang percuma, karena kebanyakan orang membuangnya, tapi ternyata ‘stik es krim’ bisa dijadikan Alat Permainan Edukatif. Disini kami memberi nama Alat Permainan Edukatif dengan nama Rumah dari Stick Eskrim karena permainan yang kami buat itu berbentuk Rumah segi enam tiga dimensi. Dengan nama Rumah dari Stick Eskrim anak – anak akan lebih tertarik untuk bermain.



B.     Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah :
1.      Untuk meningkatkan minat  anak dalam belajar
2.      Mengembangkan imajinasi pada anak
3.      Mengembangkan kreatifitas pada anak
4.      Menciptakan inovasi pembelajaran yang baru pada anak

C.    Tema
Dengan Alat Permaianan Edukatif Rumah dari Stick Eskrim ini dapat mencakup berbagai tema pembelajaran diantaranya :
1.      Tema Diri sendiri
2.      Tema Kebutuhanku
3.      Tema Lingkungan
4.      Dan bisa masuk di berbagai tema juga

D.    Manfaat
Adapun manfaat dari pembuatan APE ini adalah :
1.      Memanfaatkan barang bekas stick eksrim yang biasa anak melihatnya
2.      Memberi wacana baru pada pembelajaran anak tentang barang bekas
3.      Anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru dengan menciptakan mendia pembelajaran yang dibuat sendiri.
4.      Memotivasi anak untuk belajar sehingga anak tidak jenuh mengikuti
5.      Mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran
6.      Menunjukkan bahwa menciptakan pembelajaran yang menarik, tidak harus dengan barang-barang yang mahal
7.      Mengurangi pengeluaran untuk mencipatakan APE yang menarik bagi anak



E.     Sasaran
Alat permainan edukatif  Rumah dari stick eskrim ini dapat digunakan dari berbagai umur, untuk anak usia dini dengan membuat rumah yang sederhana, untuk anak usia sekolah dengan membuat bentuk rumah yang lebih bervariasi dengan ditambah perlengkapan lainnya, dan sampai usia remaja bahkan ke perguruan tinggi, media pembelajaran ini masih dapat dipakai dan tidak tertinggal zaman, selain itu barang yang kita pakai sangat mudah dicari. Sehingga harapan kita untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dasar yang dimiliki anak secara menyeluruh.

F.     Bidang Pengembangan
Alat permainan edukatif  Rumah dari stick eskrim ini bermanfaat pada bidang-bidang pengembangan yang harus dipelajari pada anak usia dini, antara lain:
1.      Nilai-nilai agama dan Moral
a.       Anak-anak mempelajari bahwa barang-barang yang digunakan untuk pembuatan rumah adalah merupakan ciptaan dari Tuhan.
b.      Sedang Rumah merupakan ciptaan manusia, sehingga anak dapat membedakan mana ciptaan Tuhan dan Manusia
2.      Sosial emosional dan Kemandirian
a.       Mengenal rumah sebagai tempat untuk berkumpul sebuah keluarga
b.      Mempelajari kebersamaan dan gotong royong dalam sebuah rumah
3.      Bahasa
a.       Rumah sebagai media pembelajaran yang paling banyak untuk dipelajari
b.      Mempelajari tentang tema tentang kebutuhanku
c.       Mempelajari tentang tema tentang diri sendiri
d.      Mempelajari tentang tema tentang lingkungan sekitar rumah
4.      Kognitif
a.       Mendisiplinkan anak tentang waktu-waktu belajar, bermain dan tidur di dalam rumah.
b.      Mengenal fungsi dari rumah sebagai kebutuhan manusia yang paling utama, karena untuk berteduh dan melakukan aktivitas lainnya.
5.      Fisik/ Motorik
a.    Mengetahui fungsi masing-masing dari ruangan yang terdapat di dalam rumah
b.    Mengelompokkan barang-barang yang ada pada setiap ruangan
c.    Mengetahui cara merawat dan membersihkan barang-barang yang ada di dalam rumah

G.    Bahan dan Alat
1.      Bahan
-          Stick eksrim
2.      Alat
-          Lem
-          Cuter
-          Gunting
-          Sterofoam
-          Bunga plastik kecil

H.    Rincian Biaya Alat dan Bahan
No
Alat dan Bahan
Satuan
Harga
(Rp)
Jumlah
1
Stick eksrim
1 Pak
16.000
16.000
2
Lem
1 Bh
3.00
3.000
3
Cuter
1 Bh
Pakai yang sudah ada
4
Gunting
1 Bh
Pakai yang sudah ada
5
Sterofoam
1 Lbr
4.000
4.000
6
Bunga plastik kecil bekas
2 bh
Pakai yang sudah ada
Jumlah
23.000



I.       Cara pembuatan
1.      Potong sterefoam seukuran kertas HVS, susun stick eskrim sebagai lantai dasar.
2.      Bentuk pola rumah yang akan dibuat sebagai pondasi dasar rumah
3.      Susun stick ekrim ke atas dengan di lem satu sama lainnya, sampai setinggi sekitar 15 cm.
4.      Jika rumah ingin dibuat tingkat, beri sekat antara lantai kesatu dengan lantai kedua, dan memberi atap pada samping lantai pertama.
5.      Sesuai bentuk rumah sesuai imajinasi masing-masing
6.      Jika dinding lantai kedua sudah selesai, bentuk atap lantai kedua seindah mungkin.
7.      Untuk finishing, hiasi halaman rumah dengan pagar, bunga, pohon, bebatuan.
8.      Jika ingin lebih  bervariasi rumah juga boleh di cat sesuai warna dan imajinasi masing-masing.

J.      Penutup
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Kami banyak berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kami sebagai penulis demi sempurnanya makalah ini dan dipenulisan makalah dikesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi kami pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

K.    DAFTAR PUSTAKA

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGELOLA BOP RA

PIMPINAN CABANG AISYIYAH BATUR MAJELIS   PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH BA ‘AISYIYAH 2 PASURENAN Desa Pasurenan Kec. Batur Kab. Banjarnegara KEPUTUSAN KEPALA BA ‘AISYIYAH 2 PASURENAN KECAMATAN BATUR Nomor : 1 0 /BA 3 / BTR /I/2019 TENTANG PEMBENTUKAN TIM MANAJEMEN BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) BA ‘AISYIYAH 2 PASURENAN TAHUN 2019 Menimbang      : a. bahwa dalam rangka pemerataan akses dan peningkatan mutu pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Agama serta mengurangi angka putus sekolah, siswa dari keluarga kurang mampu akan dibantu melalui program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP);                             b.   bahwa untuk melaksanakan Program Bantuan Opersional Sekolah, perlu dibentuk Tim Manajemen Bantuan Operasional...

Laporan Perjalanan “Full Day Tour Jatim Park 1 "

LAPORAN PERJALANAN “Full Day Tour Jatim Park 1 1 ”   DISUSUN OLEH : NAMA                      :     AFI LUKMANUL HAKIM NO. ABSEN             :     01 KELAS                    :     VIII (DELAPAN) Pemerintah Kabupaten Batang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMP N 4 BLADO SATU ATAP Alamat : Jl. Raya Bandar – Batur Km. 20 Desa Gerlang, Kec. Blado Kab. Batang FULL DAY TOUR “JATIM PARK 1” Lembar Pengesahan Laporan yang berjudul “FULL DAY TOUR JATIM PARK 1” Karya Afi Lukmanul Hakim telah diteliti dan disahkan oleh Pembimbing serta Kepala SMP N 4 Blado Satu Atap      ...

Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Koperasi

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS KOPERASI SIMPAN PINJAM SINAR HIKMAH   KAUMAN BATUR KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA 2019   KATA PENGANTAR   Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat serta Hidayahnya sehingga kami pengurns dan pengawas Koperasi Sinar Hikmah Kauman Batur dapat menyusun buku laporan tahunan yang akan menjadi bahan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku lahun 2019. Dengan buku laporan ini kami mengharap kepada anggota akan mengetahui hasil kinerja pengurus dan pengawas Koperasi Sinar Hikmah Kauman Batur selama tahun 2019. Untuk memperlancar pembahasan rapat anggota tatup buku tahun 2019 kami menghimbau kepada anggoia Koperasi Sinar Hikmah untuk mempersiapkan usulan, saran serta pendapat yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat. Demikian semo g a dengan...