MAKALAH
RUMAH DARI STICK EKRIM
SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF
ANAK USIA DINI
Disusun dalam Rangka Memenuhi Persyaratan Pemilihan Guru Berprestasi
Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017
Disusun
Oleh :
Nama : Uswatun Aliyah,
S.Pd.I
NUPTK : 2451763663300003
Unit Kerja : BA
‘Aisyiyah 2 Batur
KEMENTERIAN AGAMA
KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BATUR
Jl. Kopral Ma’dun No. 5A Telp. (0286) 5986201
KABUPATEN BANJARNEGARA
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, Segala puji dan rasa syukur
kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada
kami sehingga terselesaikannya makalah ini. Tidak lupa sholawat dan salam kami sampaikan kepada
nabi besar kita Muhammad SAW beserta kaum kerabat, dan pengikutnya yang setia
sampai akhir zaman. Amiin
Tidak lupa penulis juga ingin mengucapkan banyak
terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam
penyelesaian makalah karya inovatif ini, diantaranya:
1.
Pengawas RA/MI Kecamatan Batur
2.
Kepala BA ‘Aisyiyah 2 Batur
3.
Semua Guru BA ‘Aisyiyah 2 Batur
4.
Ikatan Guru Raudlatul
Athfal Kecamatan Batur
5.
Serta semua pihak yang terlibat dalam membantu penulis
menyelesaikan makalah karya inovatif ini.
Penulis
menyadari bahwa makalah karya inovatif ini masih jauh dari sempurna, maka
kritik dan saran demi baiknya makalah ini sangat penulis harapkan. Semoga makalah karya
inovatif ini dapat memberikan manfaat
sekaligus meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Raudhatul Athfal (RA).
Penyusun
HALAMAN
PENGESAHAN
1. Judul Makalah : Rumah Dari Stick Ekrim
Sebagai
Alat Permainan
Edukatif Anak
Usia
Dini
2. Identitas Penyusun
a. Nama : Uswatun Aliyah, S.Pd.I
b. NUPTK : 2451763663300003
c. Jenis Kelamin : Perempuan
d. Jabatan : Guru Kelas
e. Unit Kerja : BA ‘Aisyiyah 2 Batur
Kecamatan
Batur
Kabupaten
Banjarnegara
Mengetahui Batur, 30 Mei 2017
Kepala BA ‘Aisyiyah 2 Batur Penyusun
Uswatun Aliyah, S.Pd.I Uswatun Aliyah, S.Pd.I
SURAT PERNYATAAN
KARYA ASLI BUKAN PLAGIAT
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Uswatun Aliyah, S.Pd.I
NUPTK : 2451763663300003
Tempat Tanggal Lahir : Banjarnegara, 19 November 1985
Jabatan : Guru kelas
Unit Kerja : BA ‘Aisyiyah 2 Batur
Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara
Dengan ini menyatakan bahwa penyusunan makalah dengan judul “Rumah
Dari Stick Ekrim Sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini”
Merupakan hasil karya tulis saya sendiri dan bukan jiplakan atau modifikasi karya orang lain.
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui Batur, 30 Mei 2017
Kepala BA ‘Aisyiyah 2 Batur Penyusun
Uswatun Aliyah, S.Pd.I Uswatun Aliyah, S.Pd.I
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL ............................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN .................................................................... iii
LEMBAR
PERNYATAAN ..................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ......................................................................... v
DAFTAR
ISI ............................................................................................
vi
A.
Latar Belakang ..................................................................................
1
B.
Tujuan .............................................................................................. 3
C.
Tema .............................................................................................. 3
D.
Manfaat ............................................................................................ 3
E.
Sasaran .............................................................................................. 4
F.
Bidang Pengembangan .................................................................... 4
G.
Bahan dan Alat ...............................................................................
5
H.
Rincian Biaya
Alat dan Bahan ........................................................ 5
I.
Cara Pembuatan .............................................................................. 6
J.
Penutup ............................................................................................ 6
K.
Daftar Pustaka ................................................................................. 7
Lampiran
RUMAH
DARI STICK EKRIM
SEBAGAI ALAT PERMAINAN
EDUKATIF
ANAK USIA DINI
A.
Latar
Belakang
Dunia
Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain
dan juga berbagai alat permainan anak-anak.Salah satu sarana yang juga menjadi
sumber belajar bagi anak di PAUD adalah alat pendidikan edukatif yang lebih
dikenal dengan APE. Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari
produsen alat-alat permainan anak atau juga bisa dengan membuatnya
sendiri. Pada umumnya para penyelenggara PAUD dan juga para guru PAUD masih
banyak yang membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal
ini tentu saja akan menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya
kreativitas dan inovasi para guru PAUD dalam menyelenggarakan proses belajar
yang berkualitas bagi anak.
Kehidupan
anak selalu dekat dengan dunia bermain sejak bangun tidur sampai tidur kembali
anak hanya ingin bermain, karena melalui bermain anak akan belajar mengenai
kehidupan dan mendapatkan pengalaman yang membawa kesan menyenangkan bagi anak.
Menurut B.E.F. Montolalu, dkk melalui bermain anak
memperoleh kesempatan pengalaman yang makin memperjelas hal-hal yang mereka
pelajari di kelas atau di rumah. Bermain juga menumbuhkan rasa ingin
menyelidiki yang akan memperkaya pengertiannya.
Melalui aktivitas bermain, berbagai fantasinya, tujuannya dan pekerjaannya
terwujud. Dan tentu saja, sebagai guru, tujuan pembelajaran pun tercapai. Saat
anak bermain, semua indera anak bekerja aktif. Semua informasi ditangkap oleh
indera anak, disampaikan ke otak sebagai rangsangan, sehingga sel-sel otak
aktif dan berkembang. Karena itu kegiatan bermain anak perlu difasilitasi oleh
pendidik di sekolah untuk mendukung agar anak menjadi aktif dan kreatif.
pembelajaran pada anak usia dini adalah pondasi pendidikan bagi anak yang baik
untuk mendukung tumbuh kembang anak ,oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran
yang menyenangkan bagi anak.
Persyaratan Alat
Permainan Edukatif (APE) adalah :
1.
Mengandung nilai
pendidikan
2.
Aman atau tidak
berbahaya bagi anak
3.
Menarik dilihat dari
warna dan bentuknya
4.
Sesuai dengan minat
dan taraf perkembangan anak
5.
Sederhana, murah, dan
mudah diperoleh.
6.
Awet tidak mudah
rusak dan mudah pemeliharaannya
7.
Ukuran dan bentuknya
sesuai dengan usia anak
8. Berfungsi mengembangkan kreatifitas dan
kecerdasan anak
Fungsi bermain bagi tumbuh kembang anak adalah :
a.
Mempertahankan
keseimbangan fisik, intelegensia, sosial-emosional, bahasa dan komunikasi.
b.
Menghayati berbagai
pengalaman yang diperoleh melalui kehidupan sehari-hari.
c.
Mengantisipasi peran
yang akan dijalankan anak dimasa yang akan datang.
d.
Menyempurnakan
berbagai kemampuan melalui berbagai ketrampilan fisik, intelegensia,
sosial-emosional, bahasa dan komunikasi secara holistik, dan
e. Pembentukan perilaku positif dalam hal
pembiasaan.
Dahulu banyak stik
es krim yang terbuang percuma, karena kebanyakan orang membuangnya, tapi ternyata
‘stik es krim’ bisa dijadikan Alat
Permainan Edukatif. Disini kami memberi nama Alat Permainan
Edukatif dengan nama Rumah dari
Stick Eskrim karena permainan yang kami buat itu
berbentuk Rumah segi enam tiga dimensi. Dengan nama Rumah dari Stick Eskrim anak
– anak akan lebih tertarik untuk bermain.
B.
Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah :
1.
Untuk
meningkatkan minat anak dalam belajar
2.
Mengembangkan
imajinasi pada anak
3.
Mengembangkan
kreatifitas pada anak
4.
Menciptakan
inovasi pembelajaran yang baru pada anak
C.
Tema
Dengan Alat
Permaianan Edukatif Rumah dari Stick Eskrim ini dapat mencakup berbagai tema
pembelajaran diantaranya :
1.
Tema Diri
sendiri
2.
Tema
Kebutuhanku
3.
Tema
Lingkungan
4.
Dan bisa
masuk di berbagai tema juga
D.
Manfaat
Adapun manfaat
dari pembuatan APE ini adalah :
1.
Memanfaatkan
barang bekas stick eksrim yang biasa anak melihatnya
2.
Memberi
wacana baru pada pembelajaran anak tentang barang bekas
3.
Anak lebih
mudah menerima materi yang disampaikan guru dengan menciptakan mendia
pembelajaran yang dibuat sendiri.
4.
Memotivasi
anak untuk belajar sehingga anak tidak jenuh mengikuti
5.
Mendorong
guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat
pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran
6.
Menunjukkan
bahwa menciptakan pembelajaran yang menarik, tidak harus dengan barang-barang
yang mahal
7.
Mengurangi
pengeluaran untuk mencipatakan APE yang menarik bagi anak
E.
Sasaran
Alat permainan edukatif Rumah dari stick eskrim ini dapat
digunakan dari berbagai umur, untuk anak usia dini dengan membuat rumah yang
sederhana, untuk
anak usia sekolah dengan membuat bentuk rumah yang lebih bervariasi dengan
ditambah perlengkapan lainnya, dan sampai usia remaja bahkan ke perguruan
tinggi, media pembelajaran ini masih dapat dipakai dan tidak tertinggal zaman,
selain itu barang yang kita pakai sangat mudah dicari. Sehingga harapan kita
untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dasar yang
dimiliki anak secara menyeluruh.
F.
Bidang
Pengembangan
Alat
permainan edukatif Rumah dari stick eskrim ini bermanfaat pada
bidang-bidang pengembangan yang harus dipelajari pada anak usia dini, antara
lain:
1.
Nilai-nilai agama dan Moral
a.
Anak-anak mempelajari bahwa barang-barang yang digunakan
untuk pembuatan rumah adalah merupakan ciptaan dari Tuhan.
b.
Sedang Rumah merupakan ciptaan manusia, sehingga anak dapat
membedakan mana ciptaan Tuhan dan Manusia
2.
Sosial emosional dan Kemandirian
a.
Mengenal rumah sebagai tempat untuk berkumpul sebuah
keluarga
b.
Mempelajari kebersamaan dan gotong royong dalam sebuah rumah
3.
Bahasa
a.
Rumah sebagai media pembelajaran yang paling banyak untuk
dipelajari
b.
Mempelajari tentang tema tentang kebutuhanku
c.
Mempelajari tentang tema tentang diri sendiri
d.
Mempelajari tentang tema tentang lingkungan sekitar rumah
4.
Kognitif
a.
Mendisiplinkan anak tentang waktu-waktu belajar, bermain dan
tidur di dalam rumah.
b.
Mengenal fungsi dari rumah sebagai kebutuhan manusia yang
paling utama, karena untuk berteduh dan melakukan aktivitas lainnya.
5.
Fisik/ Motorik
a.
Mengetahui fungsi masing-masing dari ruangan yang terdapat di
dalam rumah
b.
Mengelompokkan barang-barang yang ada pada setiap ruangan
c.
Mengetahui cara merawat dan membersihkan barang-barang yang
ada di dalam rumah
G.
Bahan dan Alat
1. Bahan
-
Stick eksrim
2. Alat
-
Lem
-
Cuter
-
Gunting
-
Sterofoam
-
Bunga plastik
kecil
H.
Rincian Biaya Alat dan Bahan
No
|
Alat dan
Bahan
|
Satuan
|
Harga
(Rp)
|
Jumlah
|
1
|
Stick eksrim
|
1 Pak
|
16.000
|
16.000
|
2
|
Lem
|
1 Bh
|
3.00
|
3.000
|
3
|
Cuter
|
1 Bh
|
Pakai yang
sudah ada
|
|
4
|
Gunting
|
1 Bh
|
Pakai yang
sudah ada
|
|
5
|
Sterofoam
|
1 Lbr
|
4.000
|
4.000
|
6
|
Bunga
plastik kecil bekas
|
2 bh
|
Pakai yang
sudah ada
|
|
Jumlah
|
23.000
|
I.
Cara pembuatan
1.
Potong
sterefoam seukuran kertas HVS, susun stick eskrim sebagai lantai dasar.
2.
Bentuk pola
rumah yang akan dibuat sebagai pondasi dasar rumah
3.
Susun stick
ekrim ke atas dengan di lem satu sama lainnya, sampai setinggi sekitar 15 cm.
4.
Jika rumah
ingin dibuat tingkat, beri sekat antara lantai kesatu dengan lantai kedua, dan
memberi atap pada samping lantai pertama.
5.
Sesuai bentuk
rumah sesuai imajinasi masing-masing
6.
Jika dinding
lantai kedua sudah selesai, bentuk atap lantai kedua seindah mungkin.
7.
Untuk
finishing, hiasi halaman rumah dengan pagar, bunga, pohon, bebatuan.
8.
Jika ingin
lebih bervariasi rumah juga boleh di cat
sesuai warna dan imajinasi masing-masing.
J.
Penutup
Demikian yang dapat
kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini,
tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan
judul makalah ini. Kami banyak berharap para pembaca yang budiman sudi
memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kami sebagai penulis demi
sempurnanya makalah ini dan dipenulisan makalah dikesempatan-kesempatan
berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi kami pada khususnya juga para
pembaca yang budiman pada umumnya.
K.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar